Senin, 19 April 2010

Waralaba Kedai Kopi yang lagi Trend

Akir-akir semakin banyak kita jumpai kedai-kedai kopi yang sudah dikonsep secara modern. semakin menjamurnya kedai-kedai kopi ini menunjukkan bahwa semakin banyak orang yang berminat mengembangkan bisnis ini. Berdasarkan gambaran ini, menunjukkan bahwa bisnis ini memiliki prospek dengan keuntungan yang menjanjikan.
Sejak jaman dulu menyruput kopi atau sering disebut ngopi sudah menjadi kebiasaan banyak orang. terlepas dari kandungan cafeein yang diduga memiliki dampak bagi kesehatan, ternyata kebiasaan ngopi semakin banyak digemari oleh banyak orang.
Peluang inilah yang banyak dilirik oleh para pengusaha untuk mengonsep warung atau kedai-kedai kopi dengan konsep modern. Sekarang banyak kita jumpai di mall-mall atau tempat perbelanjaan modern yang menyediakan tempat nongkrong atau sekedar ngopi.
Kedai-kedai kopi modern ini ternyata sebagian besar merupakan waralaba atau bisnis dengan sistem kemitraan atau lebih dikenal dengan istilah waralaba.
sampai saat ini masih banyak orang yang tergiaur dengan waralaba kedai kopi, karena memiliki banyak alasan:
1. Modalnya bervariatif (mulai dari 3 jutaan sampai milyaran rupiah).
2. Pangsa pasarnya jelas karena banyaknya pecandu kopi.
3. Harga produk relatif terjangkau (bahan baku kopi banyak tersedia di Indonesia)
4. Balik modalnya relatif lebih cepat (mulai 4 bulan sampai 1 tahun bisabalikmodal)
5. banyak memiliki pilihan rasa (coklat, luwak, mocca, bahkan sampai kopi aneka rasa buah)
Ada beberapa trik sebelum bermitra atau melakukan waralaba kususnya usaha kedai kopi:
1. Pelajari segmen pasar yang akan dituju (mahasiswa, pengusaha, orang habis belanja, dll).
2. Pemilihan tempat yang strategis (Mall, Campus, jalan Protokol atau tempat tongkrongan).
3. Pemilihan jenis waralaba yang sesuai (modalnya, segmentasinya bahkan cita-rasanya).
4. Pelajari secara seksama semua sistem kerjasamanya sebelum bergabung.
5. Tanyakan komitmet dari perusahaan terhadap kesuksesan usaha yang diwaralabakan.

Berikut ini beberapa alamat waralaba kedai kopi yang bisa dipelajari untuk dijadikan mitra usaha
A. Modal dibawah 20 juta
1. Coffee break Caffe
Jl. Terusan candi kalasan, Blimbing Malang, www.coffebreak.bigbig.com Inves: Rp. 15 jutaan
2. Misterblek Blended Coffee
Jl. Rangkah 6/49 A, SBY, http://bazz-misterblek.blogspot.com Inves: RP. 3,5-8 juta
3. Semerbak coffee Blend
Jl. Nusantara No. 27A, depok, Jabar, www.semerbakcoffe.com Inves: Rp. 7 juta
4. Fruit coffee Ala'din
Jl. Cibodas Baro No. 13, Antapani, BDG, email:aladin_pusat@yahoo.com Inves: Rp. 7,5 juta
5. Cetroo Coffeelatte
Jl. Dharma Bhakti No. 164, Pekalongan, Jateng. www.cetroocoffee.com Inves: Rp. 7,2 juta

B. Modal diatas 20 juta
1. Torabika station
Jl. Daan Mogot KM 18, Cengkareng, Jakarta Barat, phone: (021) 619 1499, 619 0487.
Invest: Rp. 100-170 juta
2. Coffee Toffee
Jl. raya Dharma husadha 181, SBY, www.coffeetoffeeindonesia.com Inves: Rp.60 jutaan.
3. mister Bean coffee
Jl. Mojopahit No. 18-20, Jakarta. www.misterbeancoffee.com invest: Rp. 300-500 juta.
4. Excelso
ITC roxy mas Blok C2/38-39, Jl. KH hasyim Ashari, Jakarta www.excelso.com
invest: Rp. 300juta & 1,5 miliar.
5. JCO Donuts & Coffee
Jl. Meruya Selatan No. 68, Jakarta Barat. www.jcodonuts.com Invest: Rp. 1 Miliar

1 komentar:

  1. https://demikopicorp.com/ bagaimana cara posting usaha disini? terima kasih

    BalasHapus